Terbentuknya Sebuah Tim Sepak Bola Yang Baik


Membentuk tim sepakbola tidaklah mudah karena kita diharuskan mencari seseorang yang benar-benar mau dan juga memiliki bakat dalam hal tersebut, kendala yang sering terjadi adalah perginya pemain yang sudah terbentuk dan juga sulitnya mengatur banyak pemain yang memang sulit diatur contohnya saat akan latihan hanya beberapa yang datang dan masih banyak kendala lainya. Alangkah baiknya sebagai seorang pendiri tim haruslah bersabar dan tidak terlalu bernafsu untuk merubah keadaan tim menjadi langsung best harus banyak melewati hal yang banyak pula. Salah satunya hal terpenting dalam tim adalah kekompakan dan juga ada seseorang yang menjadi leadder tim ataupun juga pelatih tim. Pelatih tim tidak harus memiliki sertifikat bro tapi dia bisa juga diambil dari salah satu pemain yang memang berpengalaman dan juga bisa memimpin tim sebagai contohnya adalah captain. Program latihan sangatlah vital dalam sebuah tim. Karena dengan adanya program latihan dan juga pelatih maka latihan akan lebih terarah dan lebih teratur.

Tujuan dan Manfaat Program Latihan

Untuk menyiapkan pemain dalam menghadapi kompetisi.
Untuk meningkatkan kualitas ketrampilan pemain.
Untuk membetuk sikap, loyalitas dan kerjasama pemain.



Seperti yang saya katakan tadi bahwa pelatih tidaklah harus bersertivikat yang penting dia sudah berpengalaman karena orang pintar masih kalah dengan orang berpengalaman.Sebelum membuat program latihan, maka seorang pelatih haruslah melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Menganalisis kebutuhan Tim.
Analisis kebutuhan Tim sangatlah pokok dan wajib dilakukan oleh seorang pelatih. Karena dengan melakukan hal tersebut seorang pelatih akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari Tim nya. Sehingga program latihan yang tepat dapat dibuat sesuai kondisi Tim.

Menentukan tujuan dan materi program latihan.
Tujuan latihan harus dirumuskan secara detail atau spesifik, agar mudah dimengerti dan dipahami. Entah itu berupa tujuan perubahan perilaku atau perubahan pengetahuan dan ketrampilan. Ataupun target yang inginkan contoh Juara kompetisi atau cukup masuk 4 besar dalam kompetisi. Sehingga dalam memilih materi latihan pun akan lebih terfokus.

Menentukan metode latihan yang pas untuk Tim.
Metode melatih juga harus diperhatikan. Karena bila program latihan dan tujuan latihan sudah bagus, namun karena pelatih salah dalam memiilih metode latihan akan fatal akibatnya. Salah satunya pemain tidak menyukai anda. Dan tahu apa itu artinyakan? Latihan tidak akan berjalan lancar dan kondusif.

Mengevaluasi program latihan yang sudah berjalan.


Setiap selesai latihan usahakan selalu sediakan sedikit waktu untuk melakukan evaluasi terhadap para pemain. Seperti tentang suasana latihan hari ini, pemain A melakukan kesalahan seperti ini. Dan biasakan berilah masukan kepada para pemain. Selain itu seorang pelatih juga wajib melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Artinya mengevaluuasi sendiri program yang telah dijalankannya. Ini berguna untuk mengetahui apakah program latihannya berjalan sesuai dengan tujuannya dan tidak melenceng dari garis tujuan awal.

Walaupun begitu sebuah tim yang baik ditentukan oleh kekompakan antar pemain tim itu sendiri dan juga bagaimana pemain itu dilapangan.

0 Response to "Terbentuknya Sebuah Tim Sepak Bola Yang Baik"

Post a Comment

Relevan Untuk Anda

Powered by Blogger.