Strategi Peternak Sapi Saat Menjelang Idul Adha

Perayaan Idul Adha  bagi umat muslim identik dengan penyembelihan hewan kurban. Umumnya hewan yang dikurbankan adalah sapi, kambing atau kerbau. Bagi peternak hewan tersebut, momen Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, karena peternak bisa meraup sejumlah untung dari bisnis menjual hewan kurbannya. Bukan hanya permintaan pasar yang melonjak, tapi juga harga jual hewan kurban yang juga naik secara signifikan.



Momen ini bisa menjadi ide bisnis Anda. Apalagi, peluang pasar hewan kurban tergolong sangat bagus dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar saat Idul Adha. Meski terbilang bisnis musiman, namun bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkan bisnis jual hewan ternak ini pada waktu-waktu lainnya di luar Idul Adha.

Jika Anda memiliki hewan kurban, alangkah baiknya sebelum memulai bisnis ini, Anda memiliki beberapa pengetahuan dan persiapan terlebih dahulu. Simak strategi sukses berbisnis hewan kurban di bawah ini:

1. Pahami Latar Belakang  Hewan Kurban
Hal ini harus diketahui oleh seorang peternak yang akan menjual ternaknya itu, dari segi kesehatan juga banyaknya isi daging yang dimiliki si hewan itu, alangkah baiknya sebelum anda melakukan jual-beli lebih baik anda ketahui statistik harganya supaya waktu terjual tidak menyesal kemudian

Tips: Sebaiknya jangan dijual kepasar sapi tetapi juallah pada individu karena seperti yang kita ketahui jika di jual di pasar maka harganya akan sesuai pasar, namuun sebelumnya anda harus tau juga harga pasarnya bila memeang harga tersebut lebih baik maka pilihlah pasar untuk menjual ternak anda.

2. Tentukan Modal dan Jenis Hewan
Setelah memahami hewan yang layak jual untuk kurban, Anda harus menentukan jenis hewan yang akan Anda jual dan tentunya modalnya juga, misalnya hewan kurban yang akan jual adalah sapi maka anda harus menyiapkan uang jika anda ingin menjualnya kekota besar yaitu sebagai uang transportasi menuju kota, dan juallah sapi anda yang memang benar-benar layak jual, misalnya harga tafsiran beli sapi anda dulu 14 jt dan tarsiran jual sampai 20 jt maka sapi tersebut layak dijual

Tips: Tentukan jenis hewan dan sesuaikan dengan kemampuan modal Anda. Lakukan riset sederhana di lokasi Anda berjualan, apakah Anda memiliki kompetitor? Apakah lokasinya jualnya srategis? Apakah hewan kurban yang paling banyak di minati dan bisa terjual dengan cepat dan harga bersahabat?

3. Lakukan Teknik Berjualan 
Hal yang paling menentukan keberhasilan dalam bisnis ini adalah teknik berjualan. Bagi pemula, teknik ini terasa sulit tapi tak sesuulit yang dibayangkan, anda cukup melakukan pendekatan kepada seseorang yang berpotensi sebagai pembeli ataupun bisa juga anda menawarkan kepada kerabat anda tentunya yang muslim ya idhul adha adalah hari besar umat muslim.

Tips: Jangan malu untuk menawarkan produk Anda. Semua orang berpotensi sebagai pembeli, karena bisnis ini termasuk halal karena anda sebelumnya memiliki hewan ternak itu

4. Maksimalkan Promosi Online dan Media Offline
Promosi adalah suatu cara yang tepat untuk melakukan kegiatan jual-beli, ada dua caranya yaitu online dan offline. Untuk cara online anda bisa melakukan promosi di medsos seperti facebook, twitter, bukalapak dkk ataupun anda bisa membuka website sendiri sebagai media pasar anda. Untuk secara offline anda bisa mempromosikan dengan menyebarkan selebaran atau pasang iklan di manapun

Tips: Promosikan selebaran pada tempat yang memang banyak orang mengetahui dan membacanya, misalnya di papan pengumuman yang ada di pos ronda atau masjid karena kurban juga dilaksanakan di masjid.

Bagaimana tips yang saya berikan semoga bermanfaat dan manfaatkan idul adha tahun ini sebagai jual ternak anda dan semoga berntung.

0 Response to "Strategi Peternak Sapi Saat Menjelang Idul Adha"

Post a Comment

Relevan Untuk Anda

Powered by Blogger.