Programing Java (Perkenalan)

Disini saya akan membuat sebuah artikel yang membahas tentang programing terutama bahasa Java. Sebelum kita lanjut ke materi sebaiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya itu java dan asal mula java itu terjadi.



Java adalah bahasa pemrograman yang sering dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Write once, run anywhere”. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi. Sumber Wikipedia

Nah seperti itu ringkasan apa itu java. Nih cerita sedikit awal pertama kenal java itu saat kenal dengan hp sony ericson dimana game-gamenya dijalankan dengan java, awalnya sih aku cuek karena memang tidak tahu tapi sekarang aku ingin belajar lebih dalam apa itu java.

Menurut perkembangannya ada beberapa versi dan ternyata setiap versi itu sama hanya meningkatkan paket sederhananya saja, apa sih paket sederhananya itu?

.java.lang: Digunakan pada kelas elemen dasar.
.java.io: Digunakan sebagai input dan output, termasuk penggunaan berkas.
.java.util: Digunakan pada kelas structur dan penanggalan..
.java.net: Mengatur TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
.java.awt: Digunakan Untuk komunikasi interface dengan pengguna.
.java.applet: Digunakan untuk komunikasi interface dengan pengguna melalui web.

Sangat canggih bukan bung hahah tapi secanggihnya apapun pasti memiliki kekurangan, yah apapun itu. terus apa sih kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman java ini?

Kelebihan

-Multiplatfom. Artinya bahasa pemrograman java ini bisa digunakan pada gadget apapun misalnya komputer, web, mobile, dll.
-OOP. (Object Orientated Programing) Yaitu suatu method dimana menggambarkan suatu objek dengan memiliki class-class tertentu
-Memiliki Komunitas dan Perpustakaan yang Banyak. Yang artinya kita bisa dengan mudah belajar tentang bahasa pemrograman.

Kekurangan

-Belum Sepenuhnya Compatible dengan Mac OS X. Ya begitu walaupun memiliki slogan tulis sekali digunakan dimana saja tapi masih ada beberapa yang tidak kompatibel dengan MAC OS X.
-Mudah Didekompeiasikan. Sangat cenderung sekali bahasa pemrograman java dibajak karena memang sangat mudah sekali, kemungkinan karena bahasa java, kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data.
-Banyak Melibatkan Memori.

Oke Tunggu Sampai Artikel Selanjutnya diPublikasikan Terima Kasih..

0 Response to "Programing Java (Perkenalan)"

Post a Comment

Relevan Untuk Anda

Powered by Blogger.