Mengenal Alogaritma

Hai para calon programer, pasti kalian menemukan artikel ini karena ingin tahu apa itu alogaritma kan. memang benar alogaritma biasa disebut ketika kalian ingin memiliki skill dalam program. Terus apa sih alogaritma itu?

Oke kali ini saya akan menjelaskan apa itu alogaritma itu. ada 3 point penting apa itu alogaritma. 
yang pertama, alogaritma merupakan prosedur untuk menyelesaikan masalah.
yang kedua, sebuah aksi untuk mengeksekusi. 
yang ketiga, urutan sebuah aksi untuk mengeksekusi.

Jadi penjelasan singkatnya itu, alogaritma merupakan sebuah urutan diman menyelesaikan sebuah masalah atau biasa dikenal dalam sebuah program itu (if,then,else) ya begitulah memang alogaritma. Contoh lain dalam kehidupan sehari-hari misalnya ketika bangun tidur terus kita mau ngapain dan setelah itu apalagi dan seterusnya sampai kita tidur lagi. Itulah contohnya semoga and mengerti, Terus bagaimana kita menentukan atau membuat sebuah alogaritma?

Untuk menentukan sih sebenarnya gampang tinggal kalian ingat semua aktivitas yang akan dilakukan "kalo mampu" hahaha. Nah untuk mempermudah ingatan tersebut buatlah flowcart, apa itu flowcart?. Flowcart tidak hanya digunakan oleh programer flowcart juga biasnya digunakan oleh akunter untuk menentukan sebuah tidakan, karena flowcart itu sifatya memudahkan kita untuk mengingat sesuatu dengan menggunakan simbol tertentu. Untuk simbol yang dasar digunakan bisa liht gmbar dibawah.


Untuk pemanasan saja jangan dihafal semua yang perlu diketahui mendasar adalah terminator, process ,preparation , decisison, dan data(input/output) untuk tambahan yaitu anak panah sebagai petunjuk arah.

Terminator digunakan untuk memulai sebuah program dan untuk menyelesaikan program.
Peparation yaitu untuk menyebutkan variabel yang digunakan.
Procces yaitu sebuah penjrlasan variabel / tindakan variabel dengan variabel.
Decisision atau disebut (if symbol) dari nama sudah ketahuan if berarti ada dua arah yaitu salah dan benar untuk eksekusi variabel.
Data(input/output) digunakan untuk memasukan perintah variabel dan untuk menampilkan eksekusi dari variabel.

Untuk gambar diatas saya cari di pencarian google jadi mungkin kebanyakan symbol maaf hahahaha. next yang perlu anda ketahui adalah peseucodes yaitu descripsi level tinggi yang tidak formal untuk mengoperasikan prinsip kerja komputer dan diggunakan untuk cenvention dari bahasa program sederhana tetapi bisa dimengeti oleh computer dan manusia.

Nah yang terakhir yaitu eksekusi alogaritma yang dibuat menggunkan program untuk eksekusi program saya akan menggunakan bahasa program C++ untuk yang belum punya program untuk mengksekusi C++ bisa klik link download DEV C++ atau cari di google dengan nama Dev C++. Untuk melihat dn belajar cara menggunakan Dev C++  klik C++ Code.

0 Response to "Mengenal Alogaritma "

Post a Comment

Relevan Untuk Anda

Powered by Blogger.